6th Anniversary in Belitung

Uda lama ga nulis disini, pas scroling ke bawah, yg terakhir diupdate itu tahun 2009 =D. Selama 7 tahun itu banyak banget hal yang uda dilewatin, salah satunya adalah menikah. Ak & suami (Nesta) menikah 14 Maret 2010. Biasanya kami ngerayainnya cuma makan n jalan2 yg deket aja karena biasanya pas anniversary pas hari kerja. Nah tahun ini kami pengen yg beda, tp bingung mo ngapain & kemana. Eh kebetulan temen kasih info klo di Belitung itu masih sepi dan pantainya baguuuus bgt. Oke deh tahun ini qta ngerayainnya di sana aja.

Untuk kesana qta naik pesawat tujuan Bandara Tanjung Pandan. Waktu itu qta searching tiketnya pake traveloka dan berminat ke 2 maskapai yaitu Citilink/ Garuda. Berhubung harganya beda tipis n rencananya kita pengen skali-kali ngerasain yg spesial akhirnya qta pesen tiket Garuda. Penginapan di sana harganya beragam mulai dari 100ribuan sampai jutaan. Tiap kali searching di agoda selalu muncul nama BW Suite Hotel. Setelah searching ternyata hotel ini dulunya Aston. Foto2nya bagus, n ak langsung suka kolam renangnya yg bisa liat langsung ke pantai.. ga pikir panjang qta lagsung pilih hotel ini n suami request pokoknya yg ada balkonnya biar bisa ngopi sambil liat pantai. Iya siap bos!!

Untuk memudahkan mobilisasi disana, kami pesan mobil untuk hari pertama, dan motor di hari kedua (karena rencananya mo ke pantai). Kami pesan pake jasa Pa Dedi, orangnya welcome bgt, dan banyak kasih masukan untuk liburan nanti. Pa Dedi kasih info jg klo pom bensin disini jumlahnya terbatas dan hanya buka setengah hari (karena habis), jadi klo uda sore bisa beling di pertamini2 yg ada di pinggir jalan. Berhubung hari pertama kami mo keliling, jadi kami putuskan untuk isi bensin Rp. 200.000 supaya tenang =)

Berikut ini beberapa review lokasi yg qta datangin ya:

  1. Mie Atep Belitung

Berhubung qta naik penerbangan pagi, pas nyampe bisa langsung sarapan dulu. Lokasinya lumayan gampang dicari pake GPS. Oiya disini sinyalnya aga susah, jadi klo bisa bawa no simpati buat internetan. Mie Atep ini ada di pinggir jalan, tempatnya ga begitu besar jadi aga penuh dan sempet ngantri sebentar untuk dpt tempat duduk. Disini kami pesan mie belitung dan es jeruk (ini terkenal jg katanya). Mienya enak, kuahnya kental dan kaldu seafoodnya juga terasa, toppingnya malah ada udangnya juga. Es jeruknya enak, rasa asam dan manisnya pas jadinya seger bgt. Karena suami pecinta mie, dia ngajakin ksini lagi eh tapi malah ga sempet hihi.. berarti kapan2 mesti ksini lagi niy, aamiin.

2. SD Muhammadiyah & Museum Kata Andrea Hirata

Waktu kuliah, qta berdua sempet nonton laskar pelangi. Baru 5 menit diputer filmnya, ak uda nangis bombay. Pokoknya keren bgt akting cut mini dkk deh.. Sekalian nostalgia, kami mampir juga ke SD Muhammadiyah Gantong. Lokasinya ada di Gantong. Lumayan jauh dari mie atep tadi, sekitar 1,5 jam klo ga salah. Jalan menuju ksini sepi dan muluuuuus bgt. Kiri kanan banyak tanaman, dan rumah warga  (tapi jauh jauhan jaraknya). SD ini memang sudah dipersiapkan untuk wisata jadi di sebelahnya ada toko yg jual souvenir dan beberapa makanan.

Puas berfoto di SD, qta lanjut ke Museum Kata Andrea Hirata yang tempatnya ga jauh dari SD Muhammadiyah. Ini tempatnya instragamable bgt, setiap titiknya bgs bgt buat foto dengan tema yang berbeda2. Yg paling ak suka, di tiap dinding di pasang kalimat2 motivasi dari berbagai negara.

museum kata.jpg
Panggung expresinya juga di museum kata. (foto agak burem coz pake camera 360)

3. RM Fega

Sebenernya setelah ke museum kata qta berencana ke pantai burung mandi, berhubung hujannya besar, kami lgsung lanjut makan siang dan ke pantai tanjung tinggi saja. Qta pilih RM Fega, tempatnya lumayan besar dan punya view yg baguus bgt. Karena belum main ke pantai, liat danau ini aja ak uda seneng bgt. Waktu itu kami pesan ikan bakar, cah kangkung dan minuman. Rasanya Enaaak bgt dan harganya tidak mahal untuk ukuran restoran.

rm-fega
View RM Fega

5. Pantai Tanjung Tinggi

Ini adalah pantai yg hits bgt karena dipakai untuk lokasi film laskar pelangi. Yup ini pantai dengan batu2 besar di pantainya. Karena uda terkenal, pantai ini aga ramai dan banyak penjual makanan di sekitar pantai. Air pantai disini sedikit keruh dan berwarna kehijauan. Setelah diamati ternyata ini ternyata disini banyak ganggang di permukaan pantai, mungkin karena ini juga airnya jd sedikit berwarna.

pantai-tanjung-tinggi
Pantai Tanjung Tinggi

6. BW Suitte Hotel

Setelah puas jalan2 baru kami ke hotel. Sebelum nyampe hotel uda high expectation bgt, soalnya pas dijemput supir, dia bilang “Nginep di BW Suitte ya? itu hotel paling bagus disini” hhe,, jadi seneng ga salah milih, dan infonya hotel ini merupakan bangunan tertinggi di Belitung, jadi dari Balkon pemandangannya lebih mantap. Untuk fasilitas kamar dan makanan, cukup baik. Paling salut sama petugasnya, qta sempet pindah kamar dan ternyata barang2 yg ketinggalan pun mereka pindahkan di tempat dan posisi yg sama. salut bgt soalnya yg ketinggalan itu barang2 kecil isi dompet seperti kartu atm, ktp, & uang yg lagi di jemur (dompet sempet tenggalam di pantai soalnya hehe).

Oiya seperti yg pernah diceritain di awal, ak paling suka kolamnya. Saking sukanya ak smpe renang 2 kali selama disini =D. Di kolam ini qta bisa liat sunset, kebayang kan knp qta suka bgt sama kolam ini..

kolam-renang-bw-suitte
Lokasi Favorit, klo sore bisa sambil liat sunset =)

7. Pulau Batu Berlayar

Hari kedua kami ke pantai tanjung kelayang. Disini sudah banyak kapal2 dan ada bnyak bapak yang menawarkan jasanya untuk keliling pulau. Karena qta sudah terlanjur sreg dgn Pa Dedi, maka menghubungi beliau lagi untuk dihubungkan dengan jasa kapal. Akhirnya qta dapat kapal + alat snorkle + life jacket + guide yang ramah juga. Sebelum berangkat qta beli biskuit karena infonya ikan suka biskuit, aneh sih tapi qta beli juga.

Pulau pertama yg qta datangin adalah pulau batu berlayar. Pantainya baguuuuus bgt, airnya bening, batu2nya besar, bersih dan sepi. Ni beneran kaya pulau privat karena isinya hanya qta aja. di pantai ini sempet main2 air bentar dan keliling pulau sambil jalan kaki. Di pinggiran pantainya ada bintang laut lagi berjemur, warnanya orange (jadi inget patricnya sponge bob), habis foto2 bentar, bintang lautnya ak arahin ke air lagi supaya ga kepanasan. Dari semua pantai yg pernah ak datengin kynya ini pantai favorit soalnya bener2 bagus dan menenangkan.

belitung-1
no filter needed

8. Pulau Pasir

Habis dari sana kita ke pulau pasir.  Pulau ini bener2 hanya terdiri dari pasir aja. Pulau ini bisa muncul ketika lautnya agak surut, dan menghilang ketika laut pasang.

belitung-2

 

9. Snorkling di Pulau Lengkuas

Ini bagian favorit ak selama di pulau, yup snorkling. Sebelumnya belum pernah snorkling jadi sebelum nyebur belajar pake alat snorklenya dulu. Pas pake alatnya, mesti dipastikan ga ada udara yg masuk ke hidung supaya qta bernafas lewat mulut. Ak belajar bernafas lewat mulut dulu beberapa menit baru deh nyebur. Selama snorkle kesan yg didapat: sunyi. Jadi seperti cuma ada ak, air dan ikan. Karena sunyi itu bisa sambil melamun, bersyukur dan introspeksi (yg terakhir ga deng, haha).. iya jadi banyak bersyukur siy intinya, ternyata banyak kehidupan lain yg kita ga tau/ notice sebelumnya. Kehidupan bawah air itu bagus bgt.. Alhamdulillah di kasih kesempatan untuk merasakan ini dan mudah2an bisa explore tempat lain lagi di anniversary/ kesempatan selanjutnya, aamiin.

snorkling
biar romantis pegangan jgn di jalan raya aja tapi di air juga, hehe..

Sebagai gambaran berikut ini adalah pengeluaran (dan dari sini keliatan qta aktivitasnya ngapain aja) selama di Belitung (13-15 Maret 2016). Pengeluaran ini exclude biaya oleh2 dan uber dari Bandara ke Serpong (waktu itu dpt potongan Rp. 75.000 jadinya lupa bayar berapa =D) Semoga bisa membantu rekan-rekan yg sedang merencanakan liburan ke Belitung. Happy holiday =)

Deskripsi  Biaya
Tiket PP (Garuda Indonesia)  Rp        2,021,185
Hotel 3h2m (BW Suitte Hotel)  Rp        1,780,528
Xtrans @Rp. 65.000  Rp           130,000
Hari 1
Sewa Mobil  Rp           250,000
Bensin  Rp           200,000
Sarapan, Mie Belitung  Rp              45,000
Laskar Pelangi  Rp              10,000
Museum Kata  Rp                         –
RM Seafood Fega  Rp              99,000
Pantai Tanjung Tinggi  Rp                         –
Es Kelapa  Rp              15,000
RM Tempo Duluk  Rp              90,200
Hari 2
Sarapan @ Hotel
Sewa Motor  Rp              75,000
Bensin  Rp              30,000
Sewa Kapal, Alat Snorkle, Life Jacket  Rp           530,000
Hopping Island (Pulau Batu Berlayar, Pulau Burung, Pulau Pasir, Pulau Lengkuas)
Biaya Mandi, Pisang Goreng & Kopi Susu  Rp              75,000
Belanja Oleh2 di dkt Pom Bensin
Makan Nasi Padang  Rp              51,000
Kopi Kong Tji & Es Jeruk  Rp              15,000
Hari 3
Sarapan @ Hotel
Airport Transfer  Rp           100,000
 Rp        5,516,913

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s