8th Anniversary in Bangka

Mo cerita perjalanan qta ke Bangka tahun 2018 kemarin. Mudah mudahan bisa jadi masukan klo bingung mo liburan kemana. Buat penyuka seafood, mie, kopi, roti srikaya, martabak, es teler dan cah kangkung wajib kemari. Asli deh semua makanan yg ada di Bangka ga ada yg ga enak, semuanya enaakkk.

Day 1

Karena qta pengen puas main, qta pilih penerbangan paling pagi dari lion air (pukul 06:10). Eh pas bgt sama temennya ade ipar dikirimin teh manis hangat.. makasih yaa

IMG20180312064133.jpg

Nyampe bangka, qta langsung ketemuan sama rental mobil di bandara dan lanjut cari sarapan. Sarapan hari ini qta coba mie koba, lokasinya gampang dicari dan ada di pinggir jalan besar. Mienya lembut, halus dan kaldunya berasa bgt udangnya. Ak yg bukan penggemar mie aja suka bgt dan berniat pgn mkn lagi disini kpn2

IMG20180312082243.jpg
Mie Koba

Habis sarapan qta lanjut ke Sungailiat. Perjalanannya lumayan jauh tp karena jalannya bgs, dan pemandanganya jg bagus jd qta happy2 aja. Oiya qta pergi di Bulan Maret, cuacanya agak2 mendung gitu tp ga hujan. hari ini qta ke 2 pantai yaitu pantai tikus emas dan ke parai beach resort.

IMG20180312094336.jpg

 

pantai tikus emas

IMG20180312123042
parai beach resort

IMG20180312125528

 

Seharian ini cuacanya mendung terus, jadinya hawanya cenderung dingin. di parai bangka ini ada tempat makan & mushola yang nyaman. Jadi qta bisa sholat dan santai2 dulu disini. Oiya karena ini fasilitas resort jadi ada tiket masuknya, harganya Rp. 25.000 dan bisa ditukar dengan teh kotak.

Habis dari pantai qta makan di seafood 69, sungai liat. Qta beli ikan saus padang + kangkung cah bawang putih. kangkungnya enaaak bgt, ini kangkung terenak yg pernah ak makan, haha,, meskipun katanya kangkung lombok paling enak, tp menurutku ini yg paling enak. Sayang bgt ak cuma foto depan tempat makannya aja

IMG20180312112046.jpg

Pulang dari pantai, qta lanjut makan di Warung Kopi TungTau. Di bangka ini banyak banget lokasi tung tau, dan lokasinya selalu strategis. Ternyata ini tempat yg uda melegenda dari tahun 1938. Pantesan aja melegenda dan awet sampai sekarang teryata makanannya enak2.

IMG20180312153302

IMG20180312154140
kata suami yg penggemar kopi, ini enak bgt
IMG20180312154842
akhirnya kesampean mkn Mie Bangka di Bangka, enaaakk
IMG20180312155221
laper mata jadi beli roti srikaya, enak jg dong

Habis makan qta check-in di Novotel Bangka. Lokasinya strategis bgt dan ternyata dkt situ ada tungtau juga, jadi malemnya qta ke tungtau lagi dong.

IMG20180312170207
Kamarnya nyaman
IMG20180312203207
loby yg cozy abis
IMG20180312200010
Malemnya makan di tungtau lagi,, kali ini buryam dan nasgor. enak juga niyy

Day 2

Habis sarapan qta langung ke danau kaolin. lokasinya lumayan jauh, tapi tenang aja di lokasi ada beberapa warung yang jualan kopi, teh, dan pisang goreng yang enak. Danau kaolin ini meskipun warnanya biru tapi ga bisa dipake berenang ya.. danau ini ternyata sisa galian timah yang ditinggal, meskipun di foto keliatan sejuk, tp aslinya disini panas banget dan jalurnya agak mendaki dan terjal. Jadi tipsnya klo kesini pake baju yg nyaman, sepatu kets dan kaca mata hitam ya.

IMG20180313095837
danau kaolin bangka
IMG20180313100613
silau man..

Pulang dari danau kaolin, lanjut ke rumah makan Mr Adox. Lokasinya ada di jalan utama, tempatnya nyaman, kursinya banyak dan pilihan menunya jg banyak. Info dari temen klo ke bangka jgn lupa coba lempah kuning dan kepiting. Oke,, siang ini qta coba lempah kuning dan kangkung bawang putih (tetep..). Teryata lempah kuning ini enaaak bgt, jadi seperti sop ikan tapi kuahnya kental dan berwarna kuning, rasanya asem, dan gurih. enaaakk bgt, wajib coba deh

IMG20180313141451 - Copy
Gerbang depan Mr Adox
IMG20180313141210
Liat menunya aja uda ngiler
IMG20180313141225
banyak pilihan minuman,  slama disini ga pernah beli minu, mayan jadi irit hehe
IMG20180313142533
Lempah kuning dan kangkung yg super uenaaak

habis makan qta lanjut lagi ke pantai tapak antu. jalan menuju kesana kynya baru dibuat, meskipun belum diaspal tapi lumayan buat masuk kendaraan. pas masuk aga kaget, ternyata sepi bgt, banyak toko/ tempat makan tutup. Musholanya jg seperti jarang digunakan. Sedih liatnya, kynya daerah ini kurang ke ekspos. Pantai ini bagus jg ko, adem, menenangkan. Buat kalian yg pengen ngadem, menyepi bisa pilih pantai ini. Oiya di pantai ini banyak kumang/ keong yang masih hidup. karena airnya surut jd ak bisa pegang beberapa, pegang aja ya ga boleh dibawa pulang.

IMG20180313133641
jalur masuknya, bersih dan sepi
IMG20180313133829
area bermainnya juga sepi
IMG20180313130704
pantai sepi yg menenangkan jiwa
IMG20180313130404
tempat spot foto, klo airnya lagi banyak pasti lebih bagus

Pulang puas main dari pantai tapak antu, qta otw hotel sambil nyari makan malam. kemana lagi qta? ke warung tungtau dong =D, 2 malem disini, qta uda ke tungtau 3 kali hahaha.. kali ini ak mo nyobain nasi tim nya, klo suami konsisten pengen makan mie bangka

IMG20180313192618.jpg
enak bgt, kuah kaldunya juara

Sebenernya masih banyak makanan bangka yg bisa dicoba, martabak bangka (qta ga beli karena di hotel ada, rasanya enak n lembut banget), pempek (ga sempet beli T_T), kemplang dkk (banyak di toko oleh2, rasanya enak n harganya bersahabat).

Day 3

Ga kerasa hari ini hari terakhir di Bangka, jadi puas-puasin sarapan enak dulu di hotel. thanks novotel for great service, n facilites.

IMG20180314070715.jpg
sarapan cantik, setiap yg diambil harus dihabisin ya..  (antara zero waste ato emang gembul) 

Habis makan qta lanjut ke pantai pasir padi. Jalur ke pantai ini bagus dan searah dengan Bangka Botanical Garden. Pantai pasir padi ini sepi, ombaknya kecil dan pasirnya halus bgt. Di sepanjang pantai banyak pedagang dan ada spot spot untuk duduk. karena ini hari terakhir, hari ini qta bener2 nikmatin suasana aja, cuma duduk2, jalan2 di pantai sambil nikmatin momen di bangka.

Dari pantai, qta lanjut ke Bangka Botanical Garden, disini bisa dibilang tempat yg dibangun di atas kotoran sapi. Awal mulanya tempat peternakan sapi, kotoran sapinya digunakan untuk pupuk, tanah dan tanamannya jadi subur. Di tempat ini banyak tanaman2, suasanya adem dan menenangkan, beberapa bibit tanaman juga dijual, tp kemarin qta ga beli karena takut susah bawanya.

IMG20180314100948
ketenangan pantai pasir padi

Puas main di pantai, qta lanjut makan siang. Katanya kepiting jg salah satu yg wajib dicoba, akhirnya qta ke Mr Adox lagi (uda pasti enak soalnya) untuk beli kepiting saus padang. ya ampun, kepitingnya gede, n rasanya enak bgt,, ada kali sejam qta berdua makan kepiting. Setelah makan, qta masih diskusi, kpn2 mesti ke bangka lagi,, disini makan ga pernah failed. smuanya enaakk, alhamdulillah. duh kalian yg tinggal ato punya keluarga di bangka beruntung bgt..

IMG20180314134111
kepiting jumbo supermantap

habis mkn siang, qta ke hotel, lanjut bandara. Makasih Bangka untuk pengalaman 3 hari yg menyenangkan, insha allah kpn2 kesini lagii, love love

IMG20180314182115
see you Bangka

 

 

 

 

 

Advertisements

7th Anniversary at Lombok & Bali, Part 3

Hari ketiga ini qta berencana ke Bali. Ada beberapa pilihan yaitu dengan menggunakan kapal laut, atau pesawat. Dengan pertimbangan qta bawa koper, waktu yg lebih cepat (sekitar 20 menit) dan harga ga jauh beda selisihnya, akhirnya qta pilih menggunakan pesawat Garuda penerbangan jam 06:15 pagi dengan harga Rp. 227.500. Penerbangannya ga nyampe 30 menit jadi sebelum jam 8 qta uda nyampe Bali. Habis ketemuan sama petugas rental mobil di bandara, qta langsung menuju Pantai Pandawa sambil cari makan di jalan. Jalur ke pantai pandawa bagus dan lancar, di kiri kanannya tebing dan sebagian dikeruk untuk dibuat hotel/ resort.

Day 1

bali 4
Pantai Pandawa Mulai Terlihat
balidua 6
Pantai  Pandawa

Pantai pandawa ternyata bagus bgt, bersih dengan ombaknya yg lumayan besar. hari itu ada bendera merah di pasang di sekitar pantai jadi qta ga boleh berenang. duduk di pinggir pantai jg uda happy. Oiya di pinggir pantai banyak kursi + payung. Pas duduk bentar ada yg nyamperin, katanya harga sewanya 50rb. Berhubung qta ga berencana bakal lama disitu jadi qta ga jadi sewa =D

Puas duduk2 cantik di pantai pandawa, qta lanjut ke Balangan Beach. Ke pantai ini perjuangan banget, sempet nyasar ke tengah hutan -_- & masuk ke komplek buntu. Sempet mo nyerah karena mulai ngantuk (oiya kan tadi ke bandara jam 4 pagi huhuhu), pas nyoba jalur terakhir, alhamdulillah nyampe. ternyata pantai ini posisinya ada di bawah jadi dari parkiran qta jalan sedikit ke bawah (rada terjal sih, jd ky jejak petualang). pantai ini ombaknya jauuuh lebih besar dari pandawa, ternyata pantai ini bisa untuk surfing. Pengunjungnya banyak bule, mereka sebagian klo surfing ya makan2 sambil minum di cafe dkt pantai

IMG20170313133656
Balanang Beach

 

IMG20170313132547
Balanang Beach
IMG20170313133244
Pasir balanang beach besar2 jadi lumayan nusuk2 kaki =D

Habis dari Balanang qta otw hotel sambil cari oleh2 + makan malam. Badan uda mulai cape jadi langsung istirahat karena besok mo rafting di karangasem.

Day 2

Pagi setelah sarapan sekitar jam 8, qta uda dijemput sama travel. Di dalem mobil uda ada 2 penumpang dari Jepang, ternyata mereka mahasiswa dan mahasiswi dari Chiba. Perjalanan ke karangasem lumayan jg ya, hampir 2 jam, jadi qta dari awal ngobrol2 sampe ketiduran. Pas uda sampe, langsung suka sama tempatnya, sejuk bgt.

IMG20170314095008.jpg
pemadangan di area briefing

Setelah briefing, langsung rafting. Kalian harus coba rafting disini, airnya bersih, dingin, pemandangan kiri-kanannya bagus, jalurnya jg bersih dan arusnya lumayan kenceng. Terakhirnya ada turunan sekitar 4 meter, serem bgt tapi setelah dibriefing dan diinformasikan teknik khusus untuk turunan, akhirnya qta cobain dan yeaayyy we did it

balidua 2
Seruu
balidua 1
Salah satu pemandangan di tempat istirahat

Raftingnya sektitar 2 jam, qta dpt makan siang dan perjalanan pulang 2 jam lagi.. Ini asli selama perjalanan pulang qta tidur semua karena cape bgt hehe.. Biarpun cape, qta janjian nti kpn2 mo nyoba rafting di sungai yg lain.

Day 3

Besok qta pulang pake penerbangan siang, jadi habis sarapan bisa jalan2 dulu ke kuta & legian.

IMG20170315094540
Legian
IMG20170315095859
Jalan kaki di pinggir pantai Kuta

Sekian jalan-jalan 3 hari 2 malam qta di Bali. Selalu seru & menyenangkan, mudah2an nanti bisa main ke Bali dan tempat seru lainnya lagi, aamiin.

Game level 5_membaca_day 3

Hari ini sy dan suami pulang malam sehingga tidak dapat menemai safa membaca. Ketika pulang sy tanyakan apakah dia membaca buku cerita yg dibawanya tadi pagi. Katanya dia belum baca karena bingung baca dari halaman berapa (bukunya memang terdiri dari 25 cerita yang berbeda). Saya sampaikan dia bebas membaca dari mana saja, apabila sudah selesai dibaca semuanya, nanti dia akan dapat tambahan daun lagi. Sepertinya dia cape juga karena menunggu kami sampai pukul 21:30, akhirnya dia membaca sambil tidur-tiduran. Saya menemaninya sambil merajut sedangkan suami melanjutkan pekerjaan.

Awalnya safa membaca dengan suara yg cukup keras, lama kelamaan suaranya mengecil dan suaranya melambat. Akhirnya dia hanya menyelesaikan 1/2 halaman saja dan berjanji untuk melanjutkan besok. Its oke lah, setidaknya dia mulai terbiasa membaca sendir sebelum tidur.

Game level 5_membaca_day 2

Ternyata mengajak safa mebaca itu cukup sulit. Mungkin krn belum terbiasa ya.. Mulanya sy mengambil buku yg belum selesai sy baca. Sy membaca dan mengajaknya membaca jg. Sy sampaikan klo dia berhasil menyelesaikan buku itu maka daunnya akan bertambah. Dia nampak tidak begitu berminat. Malah melanjutkan bermain main dgn pita2 dan buku mewarnainya. Akhirnya sy sampaikan, klo sudah selesai baca, nanti mewarnai ya.. Akhirnya dia mau membaca jg meskipun hanya 1 cerita (dari 25 cerita). Haduh perjuangan nambah 1 daun masih panjang, but its okey. Mudah2an bsk bisa lebih baik..

Game Level 5_Membaca_Day 1

Alhamdulillah hari ini bisa ngepost juga. Sepertinya sy akan bercerita alur mundur karena aktivitas membacanya sudah kami mulai pada hari Jumat yg lalu. Sebelumnya sy sudah mencetak pohon literasi untuk sy, suami dan Safa. Setelah sy ceritakan cara menggunakannya, dia sangat excited. Akhirnya sy sampaikan agar dia membaca 1 buku kesukaannya sampai selesai. Setelah selesai membaca, maka kami akan memasang daun bersama.

Setelah pulang kerja, dia menghampiri dan menyampaikan bahwa dia sudah berhasil membaca. Sesuai janji, kami membuat daun dari post it berwarna hijau lalu menempelkan di pohon literasi yg kami pasang di kamarnya.

Untuk sy dan suami masing-masing belum selesai membaca, hehe.. mudah-mudahan sebelum tantangan selesai sudah ada minimal 1 daun terpasang.

Introducing COC 3- Publikasi

Games yg diberikan selama mengikuti kelas di institut ibu profesional selalu di laporkan via tulisan atau publikasi. Ada beberapa jenis publikasi yaitu:

1. Copy materi dilengkapi narasumbernya (tapi karena ini mengurangi rate kita di google jd sebaiknya jangan sering sering)

2. Menulis review hasil belajar dari sudut pandang kita

3. Membuat jurnal belajar dan dipublikasikan di media

Biasanya sy sering melakukan poin 1 hehe.. Sekarang mau mulai berubah ke arah no 2 dan 3. Publikasi yg baik selain dapat membantu kita mendokumentasikan yg telah kita pelajari atau pratekan, jg bisa menjadi salah satu rujukan bagi yang lainnya.  Sy pernah baca bahwa karya atau tulisan kita adalah satu penanda bahwa kita pernah hidup. Maka tinggalkanlah pemikiran dan tulisan yang baik dan dpt dipertanggungjawabkan agar dpt bermanfaat bagi sesama meskipun kita mungkin sdh tidak ada.

 

 

 

Introducing COC2 – aktif dan bertanggung jawab

Setiap peserta yg sudah berkomitmen untuk mengikuti kelas harus aktif dan bertanggung jawab yaitu:

1. selalu mengikuti diskusi, dan menginformasikan apabila berhalangan

2. Selalu mengerjakan tugas dgn baik dan sesuai dgn waktu yg telah ditentukan

3. Jujur dan dapat mempertanggungjawabkan tugas yg telah diberikan

4. Aktif bertanya apabila belum mengerti dan mau membantu teman yg belum mengerti atau membutuhkan informasi